Begini Tata Cara Mandi Wajib yang Benar

Ini 5 Manfaat Mandi Air Dingin, Bikin Kulit dan Rambut Makin Cantik!

Mandi junub alias mandi wajib merupakan kewajiban bagi setiap Muslim dan Muslimah untuk membersihkan diri dari hadas besar. Namun, tata cara mandi wajib ini tidak dilakukan dengan asal-asalan lho! 

Mandi junub itu sedniri akan dilakukan karena alasan beberapa faktor, yakni kelurnya air mani, bertemunya dua kemaluan meski tidak keluar mani, serta behentinya darah haid dan nifas. Ya, mandi wajib di definisikan dengan membasuhkan air ke seluruh anggota tubuhg dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar. 

Sedangkan hadas kecil bisa langsung dibersihkan dengan cara berwudhu. Tujuan dari mandi junub ini agar diri kita terbersihkan dari hadas kecil aupun hadas besar. Apabila kita tidak melakukan mandi wajib, tentunya tubuh kita bisa dibilang masih najis sehingga belum boleh melakukan kewajiban ibadah. Nah, secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang tata cara mandi wajib dengan benar. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan dibawah ini. 

1. Niat dan Doa Mandi junub

Ada beberapa bacaan niat mandi junub yang sesuai dengan tujuan melakukannya seperti berikut:

  • Niat dan Doa Secara Umum

Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta’ala. Artinya: “Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardhu karena Allah ta’ala”

  • Niat dan Doa Setelah Haid

Nawaitul ghusla iraf’i hadatsil lillahi ta’aala. Artinya: “Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah ta’ala”

  • Niat dan Doa Setelah Nifas

Nifas merupakan keluarnya darah dari rahim wanita akibat melahirkan, atau setelah melahirkan. Umumnya, darah nifas ini akan keluar kurang lebih selama 40 hari. 

Nawaitul ghusla liraf’i hadtsin nifaasi lillahi ta’aala. Artinya: “Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah ta’ala”.

2. Mencuci Kedua Tangan

Setelah selesai membada doa dan niat sesuai tujuan, maka cuci tangan kita seanyak 3 kali agar tangan bersih dari najis. 

3. Membesihkan Bagian Tubuh yang Dianggap Kotor

Bagian tubuh yang dianggap kotor merupakan area di sekitar kemaluan. 

4. Mencuci Kembali Kedua Tangan

Jika sudah memberishkan bagian kemaulan yang kotor tadi, maka kita harus membersihkan kembali kedua tangan dengan air dan sabun. 

5. Berwudhu

Lakukan tata cara wudhu seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW sebelum melaksanakan ibadah shalat. 

6. Membasuh Kepala

Basahi atau siram kepala dengan air sebanyak 3 kali sampai ke pangkal rambut. 

7. Memisah-misah Rambut

Memisah rambut dengan cara menyela-nyela rambut dengan menggunakan jari tangan, maka hukumnya wajib dilakukan bagi laki-laki dan sunnah (mandub) bagi perempuan. Hal tersebut juga sudah diriwayatkan oleh Ummu Salamah yang bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, “Aku bertanya, wahai Rasululllah! Sesungguhnya aku ini perempuan yang sangat kuat jalinan rambut kepalanya, apakah aku boleh mengurainya ketika mandi junub? Maka Rasulullah menjawab: Jangan, sebetulnya cukup bagimmu mengguyurkan air pada kepalamu 3 kali guyuran.”

8. Membasahi Seluruh Anggota Badan

Tata cara mandi wajib berikutnya yang harus kalian ketahui, yakni dengan membasahi seluruh anggota tubuh dengan air mulai dari sisi kanan yang dilanjutkan dengan sisi kiri. 

Nah, seperti itulah tata cara mandi wajib yang benar. Dengan demikian, maka tubuh kita akan bersih dari hadas besar dan hadas kecil sehingga sudah bisa melakukan berbagai kegiatan ibadah wajib. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Kapulaga Ternyata Baik Untuk Kesehatan

Kapulaga merupakan tanaman liar Indonesia yang kini telah banyak dibudidayakan dan kerap digunakan dalam rempa makanan dan kapulaga ternyata baik untuk kesehatan. TaniHub https://tanihub.com/ sebagai platform e-commerce sayur dan buah terbaik. Menyediakan kapulaga dan rempa lainnya untuk memenuhi kebutuhan anda.  Kandungan Gizi Kapulaga Berikut kami sajikan tabel kandungan nutrisi kapulga per 100 g Kandungan Kadar […]

Beli Nutragen di Toko SehatQ

PT. Nutragen Global Esana didirikan tahun 2015 dengan tujuan menyediakan produk yang sehat, praktis, mudah dikonsumsi, dan berkualitas. Perusahaan Nutragen memiliki motto “Delivering The Good Life” yan mana Nutragen hanya menyediakan produk yang dapat meningkatkan kualitas hidup konsumen. Berpegang pada komitmen perusahaan yakni menyajikan produk yang sehat, nikmat dan dengan harga terjangkau bagi seluruh konsumen […]