Cara Membuat Pek Cha Kwetiaw / Car Kwe Tiaw

Yummy! Inilah 7 Rekomendasi Kwetiaw Goreng Enak di Pontianak

Kwetiau goreng adalah mie tipis goreng ala Cina. Kita mengenalnya sebagai kwetiau goreng di Indonesia, tetapi orang Malaysia / Singapura mengenalnya sebagai char kway teow, dan tentunya masakan ini dikenal dengan sebutan 炒 粿 條 untuk orang Tionghoa. Hidangan ini memiliki begitu banyak variasi, dan versi vegetarian (dikenal sebagai pek cha kwetiau / 白 炒 粿 條). Pek berarti warna putih dan cha berarti tumis dalam bahasa Hokkien. Jadi pek cha secara kasar berarti digoreng dan karena tampilan hidangannya yang putih pucat juga jadilah pek cha kwetiaw. Kwetiau (mie tiaw) atau kway teow adalah bihun yang berbentuk pipih. Dalam bahasa Kanton, ini disebut mie hor fun. Pek cha kwetiau secara harfiah berarti bihun goreng biasa. orang china atau orang melayu biasanya menjadikan menu ini sebagai menu makanan untuk sarapan.

Kwetiau goreng versi vegetarian / pek cha kwetiaua bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

  • Kwetiaw
  • yu choy sum, atau sayuran Cina lainnya seperti pakk choy atau kaian bisa menggunakan sawi
  • tauge
  • kucai, jika Anda tidak dapat menemukannya kaian bisa menggantinya dengan daun bawang
  • daun bawang
  • Bawang putih
  • kecap
  • garam, gula, dan lada putih

kwetiaw segar vs. kering

beberapa toko menjual kwetiaw segar dan kwetiaw kering. Saya sangat menyarankan kalian untuk memilih kwetiaw segar dibandingkan dengankwetiaw kering. Karena proses memasak kwetiaw kering lebih ribet dibandingkan dengan kwetiaw segar. Jika kalian menggunakan kwetiaw segar kalian hanya perlu membilas mie tiaw dengan menggunakan air panas agar setiap helainya terpisah. Tetapi jika kaian menggunakan mie tiaw kering, kalian perlu merendam mie dalam air dingin selama kurang lebih 1 jam agar mie menjadi lembut. selanjutnya setelah kwetiau terkena air sebaiknya kalian meniriskan kwetiaw sebaik mungkin sebelum di masak.

Cara memasak kwetiau goreng / char kway teow yang tepat

Alat terbaik untuk memasak kwetiau goreng yang tepat, atau nasi goreng Cina atau hidangan mie goreng ala china, adalah wajan dan dengan api besar. Bahasa Cina memiliki istilah yang disebut ” wok hei “, yang diterjemahkan menjadi nafas para wajan, wajan yang bagus tidak akan membuat makanan cepat gosong meskipun api yang digunakan besar. Trik kecil berikutnya adalah kecepatan, dari saat bahan pertama masuk ke wajan hingga hidangan jadi, tidak perlu lebih dari 3 menit! Kita harus mengaduk dan memasukan bumbu dengan cepat saat memasak. Selalu periksa ulang apakah kaian memiliki semua bahan berbaris dan teratur sehingga kalian dapat berpindah dari satu bahan ke bahan lainnya tanpa kehilangan kecepatan.

Atur semua bahan yang dibutuhkan, dari yang terdekat hingga yang terjauh:

  • minyak
  • Bawang putih
  • yu choy sum (atau sayuran Cina lainnya) dan garam
  • kwetiaw, tauge, dan kucai
  • daun bawang, kecap, gula pasir, dan lada putih

Berikut langkah-langkah lengkapnya:

  1. Panaskan wajan hingga panas dan asapi dengan api besar.
  2. Kecilkan api menjadi sedang-tinggi, lalu tambahkan minyak, putar untuk melapisi wajan dengan minyak.
  3. Tambahkan bawang putih, aduk 30 detik sampai bawang putih berwarna cokelat keemasan.
  4. Tambahkan sayuran dan garam, aduk selama 15 detik agar sayuran agak layu.
  5. Tambahkan kwetiaw, tauge, dan daun bawang, aduk selama 1 menit.
  6. Tambahkan daun bawang, kecap, gula, dan lada putih. Aduk hanya agar semuanya tercampur.
  7. Angkat dari api dan segera pindahkan ke piring dan sajikan!

Kedengarannya cukup rumit, tetapi saya jamin, ini cukup mudah saat kita membuatnya. Silakan coba resep ini, dan saya yakin kalian akan bisa menghasilkan kwetiau goreng / char kway teow yang luar biasa dalam waktu singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Releated

Resep Cemilan Favorite Masyarakat Indonesia

Kue basah yang saat ini sedang menjadi sebuah sajian jajanan yang tentunya banyak diincar orang. Tidak cuma rasanya  yang khas tetapi kue basah juga terkadang memberikan sebuah kenangan yang manis untuk penikmatnya. Tentunya kue basah dengan ciri khas tradisonal masa kini benar-benar susah untuk dijumpai kecuali jika kamu sering berkunjung kedalam pasar tradisional. Untuk  kamu […]