Kemenangan Italia Terhadap Inggris Pada Euro 2020 & Flashback Ke Euro-Euro Sebelumnya

Italia butuh 53 tahun penantian untuk menjadi juara Piala Eropa atau EURO lagi. Karena sebelum Jadwal Pertandingan Euro 2020, timnas Italia terakhir kali meraih juara Piala Eropa di tahun 1968. Gelar juara Piala Eropa 2021 jatuh ke timnas Italia secara resmi seusai mengalahkan Inggris pada laga final dengan hasil skor 3-2. Hasil tersebut didapat dengan adu penalti. Timnas Italia merupakan tim ke empat yang bisa meraih juara Euro 2 kali dan sekaligus juga menyamai raihan timnas Perancis.

Jalan Pertandingan Inggris Italia Saat Euro 2020

Pada pertandingan final (Stadion Wembley), Italia memang sempat tertinggal gol lebih dulu dari gol cepatnya Luke Shaw tepatnya di menit 2. Tetapi tim Gli Azzurri terus bersemangat untuk mulai membombardir lini pertahanan Inggris. Ada beberapa kali Insigne dengan kolega yang mampu menghadirkan peluang yang berbahaya, tapi belum berbuah hasil gol sampai babak pertama tersebut tuntas. Di babak kedua, timnas Italia mampu mendominasi pertandingan. Kalau secara keseluruhan, ada 19 total tendangan oleh pasukan Mancini menuju gawang Inggris. Hal tersebut tidak sia-sia, karena Italia mampu sukses menyamakan kedudukan lewat sontekan Bonucci di menit 67.

Lalu selanjutnya, timnas Italia masih bisa mendominasi pertandingan. Di dalam laga tersebut, Gli Azzurri bahkan bisa memegang hingga 66 persen untuk penguasaan bola dan 34 persen untuk Inggris. Walau begitu, dari kedua kesebelasan tersebut tak mampu menambah gol, bahkan hingga 2 kali babak extra time. Pada akhirnya, laga lanjut ke babak tos penalti. Dikarenakan kegagalan eksekusi adu penalti Marcus Rashford serta Jadon Sancho, timnas Inggris gagal untuk keluar sebagai juaranya. Italia pun menang atas Inggris dengan hasil skor 3-2.

Juara Piala Eropa Dari Dulu

Kemenangan dramatis lawan Inggris di laga final, timnas Italia akhirnya bisa melengkapi daftar kejuaraan Piala Eropa ke-16. Untuk Gli Azzurri, hasil ini merupakan kali kedua setelah merengkuhnya pertama kali pada tahun 1968. Mereka bisa menyamai rekor timnas Perancis yang sudah 2 kali juga mengangkat trofi Euro Henri Delaunay, yaitu pada tahun 1984 dan tahun 2000. EURO paling pertama digelar tahun 1960.

Sekjen Federasi Sepak Bola France yaitu Henri Delaunay, adalah yang pertama mengusulkan kompetisi Eropa antar-negara. Tetapi 5 tahun menjelang turnamen dihelat, ia meninggal. Lalu sebagai penghormatan, maka nama dari Henri Delaunay tersebut pada akhirnya dipakai untuk nama resmi piala trofi EURO. Perancis yang sebagai pihak negara pengusul, mendapatkan amanah untuk sebagai tuan rumah juga di ajang pembuka, yaitu tahun 1960. Tetapi Les Blues saat itu hanya bisa meraih juara empat saja, setelah tumbang ketika melawan Cekoslowakia pada perebutan juara 3.

Untuk juara EURO edisi pertama didapatkan oleh Uni Soviet. Pada partai final, ada adu kuat sesama negara Eropa Timur, Uni Soviet tanding melawan rival yaitu Yugoslavia. Sementara Uni Soviet pada akhirnya bisa keluar sebagai pihak juara setelah berhasil menang skor tipis yaitu 2-1. Negara-negara di Eropa Timur pernah mendominasi kejuaraan sepak bola saat era itu. Misalnya seperti Cekoslowakia dan Hongaria yang bisa melaju ke babak final World Cup 1954 dan juga 1962. Lalu kemudian ada Polandia yang juara tiga untuk Piala Dunia tahun 1974 dan tahun 1982. Soviet juara piala EURO pada tahun 1960. Di edisi kedua Piala Eropa 1964, Soviet kembali mendominasi juga. Namun, harus kalah dari Spanyol dengan hasil 2-1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Spesifikasi dan Keunggulan Smartphone Samsung A11

Samsung pada kuartal awal 2020 sepertinya tidak mau kalah dari para kompetitor lain dalam menguasai pasar mid hingga entry level pada produksi Smartphone mereka, buktinya pada 1 Mei 2020 mereka meluncurkan Smartphone Samsung A11 dengan harga yang terbilang minim, namun memiliki kualitas yang mumpuni. Memiliki 2 pilihan RAM yaitu 2GB dan 3GB, membuat Samsung A11 […]