5 Ide Bisnis yang Menjanjikan di Awal Tahun 2022

Untuk kamu yang bekerja sebagai karyawan kantoran dengan jam kerja 8 jam per hari dan lagi kepikiran cari side hustle, membangun bisnis sendiri meski skalanya kecil-kecilan bisa jadi opsi terbaik. Apalagi kalau kamu memang butuh tambahan income untuk memenuhi kebutuhan yang bertambah banyak. 

Nggak ada salahnya untuk pelan-pelan memulai bisnis dari sekarang. Mumpung masih awal tahun, dan masih banyak momentum yang bisa kamu ambil sebagai ide bisnis. Bukan hanya memanfaatkan momentum seperti tahun baru atau hari raya, beberapa bisnis dengan pondasi dan ide yang bagus juga bisa bertahan lebih awet. Apa pun momennya. Contohnya adalah 5 bisnis menjanjikan berikut ini. 

Bisnis Online Shop: Jadi Owner, Reseller, atau Dropshipper

Di tengah pandemi, bisnis online makin menjamur. Ini artinya, makin banyak orang menjadikan online shop sebagai pilihan untuk berbelanja. Tapi di sisi lain, artinya saingan pun akan makin banyak jika kamu ingin terjun ke dunia bisnis online. 

Meski demikian, nggak usah khawatir. Sebab, jika kamu punya ide produk yang bagus, banyak dicari orang, dan menjalankan strategi pemasaran yang efisien, bisnis online layak banget kok untuk dicoba! Ditambah, kamu bisa memilih mau jadi owner, reseller, atau dropshipper. Di mana untuk kamu yang nggak punya modal sama sekali, dropshipper bisa menjadi langkah awal. Yang perlu kamu lalukan hanya riset, memilih produk, mencari supplier, dan aktif memasarkan dagangannya. 

Untuk kamu yang punya modal tapi nggak ada ide, jadi reseller dari produk yang sudah populer juga bisa menjadi pilihan. Nggak perlu report produksi, tinggal pesan, lalu pasarkan ulang di kanal yang potensial seperti WhatsApp atau media sosial. 

Sementara itu, kalau kamu punya modal dan ide, kamu bisa mulai menggarap atau memproduksi barang yang ingin dijadikan bisnis. Tinggal pilih: mana yang sesuai kondisi dan kemampuanmu. 

Apalagi di masa sekarang, banyak cara untuk mendapatkan modal atau pinjaman produktif. Kamu bisa ambil cicilan tanpa kartu kredit untuk barang maupun pinjaman tunai sebagai modal bisnis. Untuk modal pinjaman yang cepat, ada Kredivo yang bisa kasih bunga rendah. Pinjaman yang bisa kamu ajukan minimal mulai dari Rp 500 ribu, dengan tenor 1/3/6 bulan, dan bunganya cuma 2,6% per bulan. 

Bisnis Snack Kiloan

Yang nggak akan habis peminat dan selalu ada permintaan adalah bisnis snack kiloan.Terlebih di masa pandemi, di mana orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Selain tersedia dalam banyak jenis, snack kiloan juga memiliki harga yang murah dan suppliernya tersedia di berbagai e-commerce. Mulai dari Rp 10 ribuan per 250 gram, ini bisa jadi ide bisnis singkat yang bagus untuk langkah awalmu mencari cuan tambahan.   

Bisnis Jasa Desain Sederhana: Postingan Instagram

Jasa desain sederhana yang dimaksud di sini adalah yang tidak membutuhkan keahlian menggunakan tools seperti Adobe Illustrator dan sejenisnya. Di jaman sekarang, cukup banyak tools yang lebih sederhana seperti Canva yang membuat siapa pun bisa mendesain dengan lebih cepat dan praktis untuk beragam kebutuhan. 

Meskipun sudah mudah dan sederhana digunakan, nyatanya masih banyak orang yang belum bisa menggunakan tool tersebut atau mungkin terlalu malas dan nggak ada waktu mengeksplorasinya. Jika kamu punya waktu luang lebih dan punya taste yang bagus, kamu bisa coba mengulik Canva dan membuat berbagai desain menarik misalnya postingan Instagram. 

Bisnis Katering Makan Siang

Bukan katering untuk hajatan atau acara besar. Kalau kamu jago masak dan punya banyak waktu di rumah, bisnis katering makan siang bisa dicoba, lho. Terlebih sekarang, banyak orang sudah mulai kembali ke kantor atau anak-anak yang kembali belajar di sekolah. Hal ini bisa dijadikan peluang untuk menjalankan bisnis bekal makan siang. 

Namun tentu, kamu perlu modal, SDM yang memadai, dan waktu yang cukup untuk memasak makanannya. Akan lebih baik dilakukan jika kamu tidak punya pekerjaan full time dari jam 8 – 5 sore meskipun WFH. Untuk freelancer, bisnis sampingan ini bisa dicoba!

Bisnis Minuman Botolan 1 Liter

Tren minuman 1 liter masih berlanjut sampai sekarang. Awalnya di masa pandemi, tren minuman 1 liter entah itu kopi susu, milk tea, bobba, hingga jus buah muncul agar orang lebih praktis dalam meminum minuman favoritnya. Bisa diminum 3-4 kali dan dimasukkan ke dalam kulkas. Minuman 1 liter ini juga bisa membantu mengurangi sampah plastik dari gelas sekali pakai. 

Kalau kamu mahir dalam meracik minuman seperti kopi susu, milk tea, atau bahkan aneka jus, peluang bisnis satu ini bisa dicoba. Ditambah, effortnya nggak seberat jika kamu membuat katering makan siang. Bisa disimpan di dalam kulkas juga agar lebih awet dan tahan lama saat diantar atau dikirim ke pembeli. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Releated

Beli Jersey Original di Bali United Store

Klub sepakbola Bali United memang terus bertransformasi menjadi pioneer sepak bola modern di Indonesia. Bali United itu kalau diibaratkan seperti membelah batu. Klub sepak bola berjuluk Serdadu Tridatu ini, terus mendobrak tabu dalam kancah sepak bola professional di Tanah Air dengan beragam inovasi dan terobosan. Klub sepakbola kebanggaan masyarakat Bali ini hingga kuartal ketiga 2020 […]

2 Poduk Lampu LED Terbaik Dari Philips

Philips merupakan sebuah perusahaan asal Belanda yang berdiri pada tahun 1891, oleh Gerard dan Anton Philips bersaudara. Produk pertamanya yang dibuat oleh Philips ini adalah sebuah bola lampu, dan kini sudah banyak memproduksi alat elektronik lainnya. Salah satu produk Philips yang popular saat ini adalah lampu LED. Dengan slogan lampu LED barunya yakni “Cahaya yang […]