Mengenali Karakteristik dari
Cloud Service dan Keuntungannya

Cloud dan data center Indonesia kini makin populer di kalangan bisnis lokal. Kedua layanan ini hadir untuk menjawab kebutuhan bisnis dalam hal mengelola data.

Meski mirip, keduanya memiliki sedikit perbedaan. Data center lebih mengarah kepada fasilitas yang digunakan untuk menyimpan perangkat fisik TI, sementara cloud lebih mengarah kepada model pengolahan data melalui internet.

Karakteristik SaaS

SaaS (Software as a Service) adalah perangkat lunak yang berupa suatu layanan berbasis internet. Layanan satu ini juga kerap disebut sebagai aplikasi cloud.

Berikut adalah beberapa karakteristik dari SaaS :

  • Dikelola langsung oleh penyedia layanannya. Pengguna tidak perlu lagi memikirkan alokasi sumber daya untuk mengelolanya.
  • Akses mudah hanya dengan internet. Pengguna bisa mengaksesnya dari mana saja.
  • Pembaruan perangkat lunak menjadi tanggung jawab penyedia layanannya.

Karakteristik IaaS

IaaS (Infrastructure as a Service) adalah layanan yang menyediakan infrastruktur seperti storage, room untuk data center, dan server. Dengan menggunakan layanan ini, pengguna tidak harus mengeluarkan uang mereka untuk membeli perangkat IT sendiri.

Berikut adalah karakteristik dari IaaS :

  • Infrastruktur yang dibutuhkan sudah disediakan.
  • Biaya dapat disesuaikan sesuai penggunaannya.
  • Multi Akses walau hanya berasal dari satu unit saja.
  • Mudah dalam skalabilitas.
  • Lebih fleksibel.
  • Kontrol akan dipegang secara utuh oleh pengguna.

Karakteristik PaaS

PaaS (Platform as a Service) adalah layanan berupa platform yang memungkinkan penggunanya melakukan banyak hal dengan jangkauan yang lebih luas, misalnya membuat software atau aplikasi. Tentunya layanan ini sangat cocok bagi developer yang kerap membuat software baru.

Berikut adalah beberapa karakteristik PaaS :

  • Memiliki kemudahan dalam integrasi antara database dengan website.
  • Pengguna dapat mengatur atau menyesuaikan sumber daya yang ada.
  • Sering dimanfaatkan untuk mempersiapkan fitur-fitur baru, percobaan, hingga pengembangan software yang masih dalam tahap pembuatan.
  • Dapat memudahkan akses bagi para pengguna awal software yang masih dalam tahap pengembangan.

Meski karakteristik ketiga jenis layanan itu telah disebutkan di atas, hal itu tidaklah mutlak karena ketiganya bersifat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika ingin mengetahui apakah layanan tersebut cocok untuk Anda, langsung saja hubungi neuCentrIX disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Berita Terbaru Mengenai Samsung

Samsung pada kuartal awal 2020 sepertinya tidak mau kalah dari para kompetitor lain dalam menguasai pasar mid hingga entry level pada produksi Smartphone mereka, buktinya pada 1 Mei 2020 mereka meluncurkan Smartphone Samsung A11 dengan harga yang terbilang minim, namun memiliki kualitas yang mumpuni. Memiliki 2 pilihan RAM yaitu 2GB dan 3GB, membuat Samsung A11 […]

Inilah kelebihan maupun kekurangan dari Redmi Note 9, tertarik membelinya?

Xiaomi adalah salah satu merk produk smartphone yang sangat terkenal di Indonesia. Harganya yang murah menjadi salah satu mengapa merk yang satu ini bisa menjadi sangat populer. Xiaomi selalu menghadirkan ponsel dengan harga murah namun kualitasnya mampu bersaing dengan merk-merk lainnya. Redmi Note 9 adalah salah satu produk Xiaomi dengan harga terjangkau namun spesifikasi yang […]